Cara Mengurus CV atau PT 2023

Cara Mengurus CV atau PT 2023

Pengenalan

Jika Anda berencana mendirikan sebuah perusahaan atau bisnis pada tahun 2023, maka Anda harus mempersiapkan beberapa dokumen dan membuat perusahaan Anda menjadi legal. Salah satu dokumen yang harus Anda siapkan adalah CV atau PT. Dalam artikel ini, saya akan memberikan panduan langkah-demi-langkah tentang cara mengurus CV atau PT pada tahun 2023.

Persyaratan Umum

Sebelum mengurus CV atau PT, pastikan Anda memenuhi persyaratan umum sebagai berikut:

  • Warga negara Indonesia atau Badan Usaha Indonesia
  • Mempunyai NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
  • Tidak dalam pengawasan hukum
  • Memiliki alamat usaha yang jelas

Mengurus CV

Cara mengurus CV pada tahun 2023 hampir sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Membuat akta pendirian CV oleh Notaris
  2. Anda harus bertemu dengan Notaris untuk membuat akta pendirian CV. Persiapkan dokumen-dokumen seperti KTP, NPWP, SIUP, dan akta sewa atau pembelian tempat usaha. Setelah selesai membuat akta, Notaris akan memberikan Bukti Penerimaan Pemberitahuan Pendirian CV.

  3. Mencari nama perseroan yang belum digunakan
  4. Setelah membuat akta pendirian, Anda harus mencari nama CV yang belum pernah digunakan oleh perusahaan lain. Pastikan nama yang Anda pilih tidak bertentangan dengan undang-undang dan etika bisnis. Anda bisa mengecek ketersediaan nama CV di situs web Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) atau langsung ke Kantor Pendaftaran Perusahaan.

  5. Mengurus pengesahan badan hukum
  6. Setelah menemukan nama yang cocok, Anda harus mengurus pengesahan badan hukum ke Kementerian Hukum dan HAM. Lampirkan dokumen seperti akta pendirian, Bukti Penerimaan Pemberitahuan Pendirian, dan surat keterangan domisili usaha yang dikeluarkan oleh Kelurahan atau Kecamatan.

  7. Mendaftarkan CV ke pemerintah
  8. Langkah terakhir adalah mendaftarkan CV ke pemerintah seperti Dinas Koperasi dan UKM, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, dan lain-lain. Pastikan Anda memenuhi persyaratan dan melengkapi dokumen-dokumen yang diperlukan.

  Syarat Mendirikan PT Baru - Panduan Lengkap

Mengurus PT

Mengurus PT pada tahun 2023 juga hampir sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Persiapan dokumen
  2. Persiapkan dokumen-dokumen seperti KTP, NPWP, SIUP, akta sewa atau pembelian tempat usaha, surat pernyataan kesanggupan untuk melunasi seluruh modal dasar, dan lain-lain.

  3. Membuat akta pendirian PT
  4. Bertemu dengan Notaris untuk membuat akta pendirian PT. Notaris akan memberikan Bukti Penerimaan Pemberitahuan Pendirian PT setelah selesai membuat akta.

  5. Mencari nama perseroan yang belum digunakan
  6. Anda harus mencari nama PT yang belum pernah digunakan oleh perusahaan lain. Pastikan nama yang Anda pilih tidak bertentangan dengan undang-undang dan etika bisnis. Anda bisa mengecek ketersediaan nama PT di situs web Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) atau langsung ke Kantor Pendaftaran Perusahaan.

  7. Mengurus pengesahan badan hukum
  8. Mengurus pengesahan badan hukum ke Kementerian Hukum dan HAM dengan melampirkan dokumen seperti akta pendirian, Bukti Penerimaan Pemberitahuan Pendirian, surat keterangan domisili usaha, dan dokumen lainnya.

  9. Mendaftarkan PT ke pemerintah
  10. Mendaftarkan PT ke beberapa instansi seperti Kementerian Hukum dan HAM, Dinas Koperasi dan UKM, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, dan lain-lain. Pastikan Anda memenuhi persyaratan dan melengkapi dokumen-dokumen yang diperlukan.

Kesimpulan

Jadi, itulah cara mengurus CV atau PT pada tahun 2023. Persiapkan dokumen-dokumen dengan baik dan pastikan Anda mengikuti prosedur yang benar. Dengan artikel ini, saya berharap Anda bisa memahami prosesnya dengan mudah.

  Syarat Bikin PT Terbaru 2023

Novita Elisabeth Wowor

My Name Novita Elisabeth Wowor, Lulusan Sarjana Hukum yang berkecimpung di dunia kenotariatan sejak 2019.