Cara Membuat Akta Perusahaan Perseorangan Bekasi

Cara Membuat Akta Perusahaan Perseorangan Bekasi

Sebagai pengusaha atau calon pengusaha, Anda pasti memahami bahwa memiliki legalitas usaha yang jelas dan sah adalah salah satu hal yang penting. Salah satu dokumen penting yang harus dimiliki oleh perusahaan perseorangan adalah akta pendirian perusahaan. Akta ini adalah dokumen yang dibuat di depan notaris untuk mendirikan perusahaan dan menetapkan dasar hukum perusahaan tersebut.

Persyaratan Membuat Akta Perusahaan Perseorangan di Bekasi

Sebelum membuat akta perusahaan perseorangan di Bekasi, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, antara lain:

  • Memiliki identitas diri yang masih berlaku (KTP atau paspor)
  • Memiliki alamat tinggal yang jelas
  • Memiliki NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) pribadi
  • Memiliki rekening bank pribadi
  • Membuat surat izin usaha dari kelurahan setempat
  • Membuat surat keterangan domisili usaha dari kelurahan setempat

Persyaratan di atas adalah persyaratan umum yang harus dipenuhi oleh setiap calon pengusaha sebelum membuat akta perusahaan perseorangan di Bekasi. Selain itu, ada juga persyaratan khusus yang harus dipenuhi tergantung dari jenis usaha yang akan didirikan dan peraturan yang berlaku di Bekasi.

Langkah-Langkah Membuat Akta Perusahaan Perseorangan di Bekasi

Setelah memenuhi persyaratan di atas, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk membuat akta perusahaan perseorangan di Bekasi:

  1. Memilih nama perusahaan dan melakukan pencarian nama di Kementerian Hukum dan HAM
  2. Langkah pertama adalah memilih nama perusahaan dan melakukan pencarian nama di Kementerian Hukum dan HAM untuk memastikan bahwa nama perusahaan tersebut belum digunakan oleh perusahaan lain dan dapat digunakan.

  3. Membuat akta pendirian perusahaan
  4. Langkah kedua adalah membuat akta pendirian perusahaan di depan notaris. Anda harus membawa persyaratan yang diperlukan dan membayar biaya notaris untuk pembuatan akta pendirian perusahaan tersebut.

  5. Membuat perizinan usaha
  6. Setelah akta pendirian perusahaan selesai dibuat, Anda harus membuat perizinan usaha di instansi yang berwenang di Bekasi. Persyaratan dan langkah-langkah untuk membuat perizinan usaha tergantung pada jenis usaha yang akan didirikan.

  7. Mendaftarkan perusahaan ke instansi yang berwenang
  8. Setelah perizinan usaha selesai dibuat, Anda harus mendaftarkan perusahaan ke instansi yang berwenang di Bekasi, seperti Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, atau Kantor Pelayanan Pajak (KPP).

  9. Mendaftarkan perusahaan ke Badan usaha milik negara (BUMN)
  10. Terakhir, Anda harus mendaftarkan perusahaan Anda ke Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk mendapatkan nomor induk berusaha (NIB) dan memastikan bahwa perusahaan Anda terdaftar secara resmi.

  Cara Membuat Akta Perusahaan Bogor

Kesimpulan

Membuat akta perusahaan perseorangan di Bekasi memang memerlukan beberapa persyaratan dan langkah-langkah yang harus diikuti. Namun, dengan memenuhi persyaratan tersebut dan mengikuti langkah-langkah yang benar, Anda dapat memastikan bahwa perusahaan Anda memiliki legalitas yang jelas dan sah. Dengan begitu, Anda dapat lebih tenang dan fokus pada pengembangan bisnis Anda di Bekasi.

Novita Elisabeth Wowor

My Name Novita Elisabeth Wowor, Lulusan Sarjana Hukum yang berkecimpung di dunia kenotariatan sejak 2019.