Cara Membuat Akta Pendirian PT Bekasi

Cara Membuat Akta Pendirian PT Bekasi

Pengenalan tentang Akta Pendirian PT

Sebelum membahas tentang cara membuat akta pendirian PT di Bekasi, penting bagi kita untuk memahami terlebih dahulu apa itu akta pendirian PT. Akta pendirian PT adalah dokumen penting yang dibuat oleh para pendiri sebuah perusahaan yang berbentuk Perseroan Terbatas (PT).

Dalam akta pendirian tersebut, terdapat berbagai informasi mengenai perusahaan, seperti nama perusahaan, tujuan perusahaan, modal dasar, jumlah saham, susunan pengurus, dan lain sebagainya. Akta pendirian PT juga harus memenuhi berbagai syarat dan ketentuan yang telah diatur oleh pemerintah.

Langkah-Langkah Membuat Akta Pendirian PT di Bekasi

Untuk membuat akta pendirian PT di Bekasi, terdapat beberapa langkah yang harus dilakukan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Memilih Nama Perusahaan

Langkah pertama dalam membuat akta pendirian PT adalah memilih nama perusahaan. Nama perusahaan haruslah unik dan belum pernah digunakan oleh perusahaan lain. Selain itu, nama perusahaan harus sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Anda dapat melakukan pengecekan ketersediaan nama perusahaan di situs resmi Kementerian Hukum dan HAM. Setelah menemukan nama yang sesuai, Anda dapat memesan nama perusahaan tersebut di Kantor Notaris atau di Direktorat Jenderal AHU.

2. Menentukan Modal Dasar

Setelah menentukan nama perusahaan, langkah selanjutnya adalah menentukan modal dasar perusahaan. Modal dasar merupakan jumlah uang atau harta benda yang disetor oleh para pendiri perusahaan untuk memulai usaha.

  Pendirian PT Tanpa Akta Notaris Bekasi

Modal dasar haruslah disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan dan tidak boleh kurang dari Rp50 juta. Setelah menentukan modal dasar, Anda dapat menyetor sebagian atau seluruh modal dasar tersebut ke bank sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

3. Menyusun Anggaran Dasar

Langkah selanjutnya adalah menyusun anggaran dasar perusahaan. Anggaran dasar merupakan dokumen yang berisi aturan-aturan dasar mengenai perusahaan, seperti susunan pengurus, pembagian keuntungan, perubahan anggaran dasar, dan lain sebagainya.

Anggaran dasar haruslah disusun dengan jelas dan mengikuti ketentuan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Setelah disusun, anggaran dasar perusahaan harus ditandatangani oleh para pendiri perusahaan dan disahkan oleh notaris.

4. Membuat Akta Pendirian PT

Setelah menyusun anggaran dasar perusahaan, langkah berikutnya adalah membuat akta pendirian PT. Akta pendirian PT harus dibuat oleh notaris dan berisi informasi lengkap mengenai perusahaan, seperti nama perusahaan, tujuan perusahaan, modal dasar, jumlah saham, susunan pengurus, dan lain sebagainya.

Setelah akta pendirian PT selesai dibuat, para pendiri perusahaan harus menandatanganinya dan mendaftarkan perusahaan tersebut ke Kantor Notaris atau Direktorat Jenderal AHU.

5. Melakukan Pengesahan Akta Pendirian PT

Setelah mendaftarkan perusahaan di Kantor Notaris atau Direktorat Jenderal AHU, langkah terakhir adalah melakukan pengesahan akta pendirian PT. Pengesahan akta pendirian PT dilakukan oleh Kementerian Hukum dan HAM.

Setelah pengesahan selesai, Anda dapat memperoleh Surat Keputusan Pendirian (SKP) dari Kementerian Hukum dan HAM. SKP ini akan menjadi bukti bahwa perusahaan yang Anda dirikan telah resmi terdaftar di negara Indonesia.

  Akta Notaris Pendirian Usaha Depok

Kesimpulan

Membuat akta pendirian PT di Bekasi memang membutuhkan banyak persiapan dan proses. Namun, dengan melakukan langkah-langkah yang tepat dan mengikuti ketentuan yang berlaku, Anda dapat menyelesaikan proses pembuatan PT dengan lancar.

Penting untuk diingat bahwa pembuatan akta pendirian PT harus dilakukan dengan benar dan memenuhi semua persyaratan yang telah diatur oleh pemerintah. Dengan demikian, Anda dapat memastikan bahwa perusahaan yang Anda dirikan akan berjalan dengan baik dan memenuhi segala persyaratan yang berlaku.

Novita Elisabeth Wowor

My Name Novita Elisabeth Wowor, Lulusan Sarjana Hukum yang berkecimpung di dunia kenotariatan sejak 2019.