Cara Membuat Akta Pendirian Perusahaan Bekasi

Cara Membuat Akta Pendirian Perusahaan Bekasi

Jika Anda ingin memulai bisnis di Bekasi, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat akta pendirian perusahaan. Akta pendirian merupakan dokumen penting yang menunjukkan legalitas perusahaan Anda dan diperlukan untuk mendapatkan izin usaha dari pemerintah. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat akta pendirian perusahaan di Bekasi:

1. Persiapan Dokumen

Sebelum melakukan proses pembuatan akta pendirian perusahaan, pastikan Anda sudah menyiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan seperti:

  • Identitas pemegang saham dan direktur perusahaan
  • Surat Keterangan Domisili Perusahaan
  • NPWP perusahaan
  • Surat Kuasa (jika menggunakan jasa pembuatan akta pendirian)

2. Pilih Notaris

Setelah dokumen persiapan sudah disiapkan, pilih notaris yang akan membantu dalam pembuatan akta pendirian perusahaan. Pastikan notaris yang dipilih terdaftar dan memiliki izin untuk melakukan pembuatan akta pendirian perusahaan di Bekasi.

3. Pembuatan Akta Pendirian

Setelah notaris dipilih, proses pembuatan akta pendirian akan dimulai. Notaris akan memeriksa dokumen-dokumen persiapan yang sudah disiapkan dan memastikan semua persyaratan terpenuhi. Kemudian notaris akan membuat akta pendirian perusahaan sesuai dengan data yang diberikan oleh pemegang saham dan direktur perusahaan.

4. Pengesahan Akta Pendirian

Setelah akta pendirian perusahaan selesai dibuat, notaris akan mengajukan permohonan untuk pengesahan akta pendirian ke Kantor Notaris dan Pendaftaran Tanah (KPN) di Bekasi. Setelah pengesahan berhasil dilakukan, notaris akan memberikan salinan akta pendirian kepada pemegang saham dan direktur perusahaan.

  Contoh Nomor Akta Notaris Perusahaan Tangerang

5. Melengkapi Dokumen Pendirian Perusahaan

Setelah akta pendirian perusahaan selesai dibuat dan diresmikan, langkah selanjutnya adalah melengkapi dokumen pendirian perusahaan seperti Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) perusahaan, dan akta pendirian perusahaan tersebut harus didaftarkan ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Kemenkumham).

Kesimpulan

Membuat akta pendirian perusahaan di Bekasi memang memerlukan proses yang cukup rumit dan detail, namun hal ini sangat penting untuk memastikan legalitas perusahaan Anda. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat memperoleh akta pendirian perusahaan dengan mudah dan resmi.

Novita Elisabeth Wowor

My Name Novita Elisabeth Wowor, Lulusan Sarjana Hukum yang berkecimpung di dunia kenotariatan sejak 2019.