Cara Membuat Akta Pendirian CV

Pendahuluan

Akta pendirian adalah dokumen penting untuk mendirikan sebuah CV (Commanditaire Vennootschap). CV merupakan bentuk badan usaha yang cukup populer di Indonesia. Biasanya, CV didirikan oleh dua atau lebih orang yang ingin memulai bisnis bersama-sama. Dalam pembentukan CV, salah satu dokumen utama yang dibutuhkan adalah akta pendirian. Akta pendirian menjadi bukti sah bahwa CV tersebut telah didirikan secara legal.

Langkah-langkah Membuat Akta Pendirian CV

Berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membuat akta pendirian CV:

1. Persiapan Dokumen-dokumen

Sebelum membuat akta pendirian, pastikan anda telah menyiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Dokumen-dokumen yang dibutuhkan di antaranya adalah KTP (Kartu Tanda Penduduk), NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), dan SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan).

2. Pilih Notaris

Setelah dokumen-dokumen sudah siap, pilihlah notaris yang akan membantu anda membuat akta pendirian CV. Notaris akan membantu anda dalam membuat akta pendirian sehingga bisa dilakukan dengan cara yang benar dan legal.

3. Membuat Akta Pendirian

Setelah memilih notaris, langkah selanjutnya adalah membuat akta pendirian. Isi akta pendirian harus memenuhi persyaratan yang diatur dalam Undang-Undang Perseroan Terbatas. Isi akta pendirian harus berisi nama CV, tujuan CV, modal CV, dan nama-nama pendiri CV.

  Syarat Pembuatan Akta Notaris Lembaga Jakarta

4. Menandatangani Akta Pendirian

Setelah akta pendirian selesai dibuat, pendiri CV harus menandatanganinya di hadapan notaris. Setelah itu, notaris akan menandatangani akta pendirian sebagai saksi.

5. Mengurus Pengesahan Akta Pendirian

Setelah akta pendirian ditandatangani, pendiri CV harus mengurus pengesahan akta pendirian ke Kantor Notaris dan diikuti dengan pengesahan ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Penutup

Membuat akta pendirian CV memang membutuhkan waktu dan tenaga. Namun, hal ini harus dilakukan agar CV yang didirikan bisa sah secara hukum. Dalam membuat akta pendirian, pastikan anda memenuhi semua persyaratan yang telah diatur. Dengan begitu, anda bisa menghindari masalah hukum di masa depan.

Novita Elisabeth Wowor

My Name Novita Elisabeth Wowor, Lulusan Sarjana Hukum yang berkecimpung di dunia kenotariatan sejak 2019.