Bikin PT Murah

Bikin Pt MurahSource: bing.com

Pengenalan

PT atau Perseroan Terbatas adalah salah satu bentuk badan usaha yang paling diminati oleh para pengusaha. Namun, banyak yang menganggap bahwa mendirikan PT sangatlah mahal dan sulit dilakukan. Padahal, sekarang ini ada banyak cara untuk bikin PT murah dan mudah dilakukan. Simak artikel ini sampai selesai untuk mengetahui cara-cara membuat PT murah.

Persiapan Sebelum Mendirikan PT

Sebelum anda memutuskan untuk bikin PT murah, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan terlebih dahulu. Pertama, anda harus memilih nama PT yang unik dan belum digunakan oleh badan usaha lainnya. Pastikan nama tersebut sesuai dengan jenis usaha yang akan anda jalankan. Kedua, siapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan seperti KTP, NPWP, dan akta kelahiran. Ketiga, tentukan modal awal yang akan ditanamkan pada PT. Terakhir, pilih jenis PT yang akan didirikan, apakah PT lokal atau PT asing.

Cara Bikin PT Murah

1. Pilih Notaris MurahNotaris adalah pihak yang akan membantu anda dalam membuat akta pendirian PT. Namun, notaris yang mematok harga tinggi tentu saja akan membuat biaya yang dikeluarkan semakin besar. Anda bisa mencari notaris murah dengan melakukan riset dan membandingkan harga dari beberapa notaris.2. Gunakan Jasa Pendirian PT OnlineSaat ini sudah banyak jasa pendirian PT online yang menawarkan harga yang lebih murah dibandingkan dengan notaris biasa. Anda hanya perlu menyediakan dokumen-dokumen yang dibutuhkan dan membayar biaya sesuai dengan paket yang anda pilih. Namun, pastikan jasa pendirian PT online tersebut memiliki reputasi yang baik dan terpercaya.3. Pilih Jenis PT Yang TepatJenis PT yang akan didirikan juga mempengaruhi biaya yang harus dikeluarkan. PT lokal lebih murah dibandingkan dengan PT asing karena biaya-biaya pendaftarannya lebih rendah. Namun, jika anda ingin memperluas pasar bisnis ke luar negeri, PT asing bisa menjadi pilihan yang tepat.4. Kurangi Biaya Pembuatan AktaBiaya pembuatan akta pendirian PT juga bisa dikurangi dengan membuatnya secara mandiri. Anda bisa membuat akta pendirian PT sendiri dengan menggunakan template yang sudah tersedia di internet. Namun, pastikan anda mengikuti aturan dan persyaratan yang berlaku agar akta tersebut sah dan tidak terjadi masalah di kemudian hari.5. Kurangi Biaya LegalitasBiaya-biaya legalitas seperti surat izin usaha perdagangan (SIUP) dan tanda daftar perusahaan (TDP) juga dapat dikurangi. Anda bisa mencoba untuk mengurusnya sendiri atau menggunakan jasa konsultan yang lebih murah.

  Jasa Pembuatan Perjanjian Kerjasama Konsinyasi PT di Surabaya: Penting, Prosedur, Kendala, dan Tips

Conclusion

Dari beberapa cara di atas, dapat disimpulkan bahwa bikin PT murah bukanlah hal yang sulit dilakukan. Anda bisa memilih notaris murah, menggunakan jasa pendirian PT online, memilih jenis PT yang tepat, membuat akta pendirian PT sendiri, dan mengurangi biaya-biaya legalitas. Namun, tetap perhatikan kualitas dan legalitas dari PT yang anda dirikan agar bisnis anda dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

Novita Elisabeth Wowor

My Name Novita Elisabeth Wowor, Lulusan Sarjana Hukum yang berkecimpung di dunia kenotariatan sejak 2019.