Biaya Pengurusan Pendirian PT 2023

Biaya Pengurusan Pendirian PT 2023

Pendahuluan

Pendirian perusahaan perseroan terbatas (PT) adalah salah satu bentuk usaha yang paling populer di Indonesia. PT adalah badan hukum yang memungkinkan pemiliknya untuk memisahkan antara aset pribadi dan aset perusahaan. Oleh karena itu, PT memberikan keuntungan dan perlindungan hukum bagi para pemiliknya. Namun, untuk mendirikan PT, diperlukan proses dan biaya yang harus dipenuhi. Dalam artikel ini, kami akan membahas secara komprehensif mengenai biaya pengurusan pendirian PT di tahun 2023.

Persyaratan Pendirian PT

Sebelum membahas biaya pengurusan pendirian PT, ada baiknya untuk mengetahui persyaratan yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Terdapat beberapa persyaratan pendirian PT yang harus dipenuhi, seperti:

– Memiliki minimal dua orang pendiri

– Memiliki nama usaha yang unik dan belum digunakan oleh perusahaan lain

– Menentukan tujuan dan ruang lingkup usaha yang jelas

– Menentukan modal dasar dan jumlah saham yang diterbitkan

– Membuat akta pendirian PT di hadapan notaris

– Mendaftarkan PT ke Kementerian Hukum dan HAM

Biaya Pendirian PT

Setelah memenuhi persyaratan di atas, maka proses selanjutnya adalah pengurusan pendirian PT. Berikut adalah biaya yang harus dikeluarkan dalam pengurusan pendirian PT:

1. Biaya notaris

Biaya notaris adalah biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat akta pendirian PT di hadapan notaris. Biaya notaris ini bervariasi tergantung dari notaris yang dipilih, tetapi rata-rata biaya notaris untuk pendirian PT sekitar Rp 5 juta.

  Syarat Modal Pendirian PT 2023

2. Biaya pengesahan akta pendirian

Setelah membuat akta pendirian PT, dokumen tersebut harus disahkan oleh Kementerian Hukum dan HAM. Biaya pengesahan akta pendirian PT sekitar Rp 1 juta.

3. Biaya pengurusan NPWP

Setelah PT didirikan, perusahaan harus memiliki nomor pokok wajib pajak (NPWP). Biaya pengurusan NPWP sekitar Rp 500 ribu.

4. Biaya pengurusan SIUP

Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) adalah izin yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah untuk usaha perdagangan. Biaya pengurusan SIUP sekitar Rp 1 juta.

5. Biaya pengurusan TDP

Tanda Daftar Perusahaan (TDP) adalah izin usaha yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah untuk usaha di luar perdagangan. Biaya pengurusan TDP sekitar Rp 1 juta.

6. Biaya pengurusan akta notaris perubahan PT

Jika terdapat perubahan dalam PT seperti perubahan susunan pengurus atau perubahan modal dasar, maka dibutuhkan pengurusan akta notaris perubahan PT. Biaya pengurusan akta notaris perubahan PT sekitar Rp 2 juta.

Kesimpulan

Mendirikan PT memang memerlukan biaya yang tidak sedikit. Namun, dengan adanya PT, pemilik perusahaan dapat memisahkan antara aset pribadi dan aset perusahaan. Biaya pengurusan pendirian PT di atas dapat menjadi acuan bagi Anda yang ingin mendirikan PT di tahun 2023. Pastikan untuk memilih jasa pengurusan pendirian PT yang terpercaya untuk memudahkan prosesnya.

Novita Elisabeth Wowor

My Name Novita Elisabeth Wowor, Lulusan Sarjana Hukum yang berkecimpung di dunia kenotariatan sejak 2019.