Biaya Pendirian PT Di Notaris

Pendahuluan

Berdirinya sebuah perusahaan menjadi salah satu hal penting dalam sebuah perekonomian. Dalam prosedur pendirian perusahaan, salah satu hal yang harus dilakukan adalah membuat akta pendirian PT di notaris. Pada artikel kali ini, kita akan membahas biaya pendirian PT di notaris.

Definisi PT

PT atau Perseroan Terbatas adalah bentuk badan usaha yang memiliki karakteristik sebagai badan usaha yang memiliki kekayaan terpisah dengan pemiliknya.

Lama Proses Pendirian PT di Notaris

Proses pendirian PT di notaris membutuhkan waktu yang cukup lama. Prosedur ini terdiri dari beberapa tahapan, seperti pengajuan permohonan, pengumpulan dokumen, pengesahan akta, hingga pendaftaran ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Biaya Pendirian PT di Notaris

Biaya pendirian PT di notaris bervariasi tergantung dari notaris yang dipilih, jumlah modal, jumlah pendiri, serta lokasi kantor. Secara umum, biaya pendirian PT di notaris berada dalam kisaran Rp5 juta hingga Rp10 juta.

Rincian Biaya Pendirian PT di Notaris

Biaya pendirian PT di notaris umumnya terdiri dari biaya pengurusan akta pendirian, biaya pembuatan NPWP, biaya pengesahan akta pendirian, hingga biaya pengurusan tanda tangan elektronik.

Biaya Pengurusan Akta Pendirian

Biaya pengurusan akta pendirian PT di notaris adalah biaya yang harus dibayar untuk pengurusan administrasi pendirian PT di notaris. Biaya ini bervariasi tergantung dari notaris yang dipilih. Secara umum, biaya pengurusan akta pendirian PT di notaris berkisar antara Rp2 juta hingga Rp5 juta.

  Contoh Akta Pendirian CV 2022 Tangerang

Biaya Pembuatan NPWP

NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak adalah nomor yang diberikan oleh Direktorat Jenderal Pajak kepada Wajib Pajak dalam rangka pelaksanaan hak dan kewajiban perpajakan. Biaya pembuatan NPWP berkisar Rp100 ribu hingga Rp500 ribu.

Biaya Pengesahan Akta Pendirian

Biaya pengesahan akta pendirian PT di notaris adalah biaya yang harus dibayar untuk pengesahan akta pendirian PT di kantor pengadilan negeri. Biaya pengesahan akta pendirian PT di notaris bervariasi tergantung dari lokasi kantor pengadilan negeri. Secara umum, biaya pengesahan akta pendirian PT di notaris berkisar antara Rp600 ribu hingga Rp1 juta.

Biaya Pengurusan Tanda Tangan Elektronik

Tanda tangan elektronik adalah tanda tangan yang digunakan untuk memverifikasi keaslian dokumen atau transaksi elektronik. Biaya pengurusan tanda tangan elektronik berkisar antara Rp200 ribu hingga Rp500 ribu.

Kata Kunci Meta

biaya pendirian pt, notaris, akta pendirian, npwp, pengesahan akta pendirian, tanda tangan elektronik, kantor pengadilan negeri

Deskripsi Meta

Ingin tahu berapa biaya pendirian PT di notaris? Baca artikel ini untuk mengetahui rincian biaya pengurusan akta pendirian, pembuatan NPWP, dan pengesahan akta pendirian hingga biaya pengurusan tanda tangan elektronik.

Novita Elisabeth Wowor

My Name Novita Elisabeth Wowor, Lulusan Sarjana Hukum yang berkecimpung di dunia kenotariatan sejak 2019.