Biaya Pembuatan PT Di Notaris

Apa itu PT?

Sebelum membahas biaya pembuatan PT di notaris, mari kita bahas terlebih dahulu apa itu PT. PT adalah singkatan dari Perseroan Terbatas, yaitu bentuk badan usaha yang memiliki karakteristik sebagai entitas yang terpisah dari pemiliknya. PT memiliki izin untuk melakukan kegiatan tertentu seperti produksi, perdagangan, atau jasa.

Mengapa Membuat PT?

Ada beberapa alasan mengapa seseorang ingin membuat PT, di antaranya adalah:

1. Memisahkan hartanya dari bisnis. Dalam PT, pemilik tidak bertanggung jawab secara pribadi atas hutang atau kerugian bisnis.

2. Meningkatkan kredibilitas bisnis. Membuat PT dapat meningkatkan kredibilitas bisnis di mata para pihak seperti bank, investor, atau pelanggan.

3. Memperluas akses ke modal. PT dapat mengeluarkan saham dan mengumpulkan modal dari investor untuk memperluas bisnis.

Biaya Pembuatan PT di Notaris

Untuk membuat PT, Anda harus mengurus berbagai persyaratan administratif dan perizinan. Salah satu persyaratan yang harus dipenuhi adalah membuat akta pendirian PT di hadapan notaris. Berikut adalah rincian biaya pembuatan PT di notaris:

1. Biaya Notaris. Biaya notaris untuk membuat akta pendirian PT bervariasi tergantung pada notaris yang dipilih, lokasi, dan tanggung jawab notaris dalam mengawasi persiapan. Secara umum, biaya notaris untuk membuat akta pendirian PT berkisar antara Rp 3 juta hingga Rp 10 juta.

2. Biaya Legalitas. Selain biaya notaris, Anda perlu membayar biaya legalitas seperti legal opinion, pengadilan, dan legalitas lainnya. Biaya ini bervariasi tergantung pada kebutuhan Anda dan jumlahnya dapat mencapai Rp 5 juta hingga Rp 15 juta.

  Syarat Mendirikan PT 2020

3. Biaya Perizinan. Selain itu, Anda juga harus membayar biaya perizinan seperti SIUP, TDP, dan NPWP. Harga ini bervariasi tergantung pada jenis perizinan dan lokasi bisnis Anda. Biaya perizinan ini adalah sekitar Rp 1 juta hingga Rp 5 juta.

Kesimpulan

Berdasarkan rincian biaya di atas, biaya pembuatan PT di notaris bisa mencapai angka yang cukup tinggi. Namun, penting untuk diingat bahwa biaya pembuatan PT di notaris merupakan investasi jangka panjang yang akan menguntungkan bisnis Anda di masa depan. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih notaris yang berkualitas dan profesional untuk membantu Anda dalam proses pembuatan PT.

Novita Elisabeth Wowor

My Name Novita Elisabeth Wowor, Lulusan Sarjana Hukum yang berkecimpung di dunia kenotariatan sejak 2019.