Biaya Pembuatan PT Di Notaris Tangerang

Biaya Pembuatan PT Di Notaris Tangerang

PT adalah salah satu bentuk badan hukum yang banyak dipilih oleh para pengusaha untuk menjalankan bisnisnya di Indonesia. Namun, untuk memulai bisnis dengan bentuk PT, diperlukan proses pembuatan PT yang meliputi berbagai hal, salah satunya adalah membuat akta pendirian PT di notaris. Artikel ini akan membahas tentang biaya pembuatan PT di notaris Tangerang.

Proses Pembuatan PT Di Notaris Tangerang

Sebelum membahas tentang biaya pembuatan PT di notaris Tangerang, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu proses pembuatan PT di notaris Tangerang. Proses ini biasanya meliputi:

  1. Menyiapkan persyaratan pendirian PT
  2. Mengajukan permohonan pembuatan akta pendirian PT ke notaris
  3. Membuat akta pendirian PT di notaris
  4. Mendaftarkan PT ke Kementerian Hukum dan HAM

Setelah proses tersebut selesai, PT dapat melakukan kegiatan bisnisnya secara resmi.

Biaya Pembuatan PT Di Notaris Tangerang

Setelah mengetahui proses pembuatan PT di notaris Tangerang, kini saatnya membahas tentang biaya pembuatan PT tersebut. Biaya pembuatan PT di notaris Tangerang dapat bervariasi tergantung dari notaris yang dipilih. Namun, secara umum biaya pembuatan PT di notaris Tangerang terdiri dari:

  1. Biaya pengurusan akta pendirian PT
  2. Biaya materai dan legalisir dokumen
  3. Biaya pengesahan akta pendirian PT
  4. Biaya pendaftaran PT di Kementerian Hukum dan HAM

Biaya pengurusan akta pendirian PT biasanya menjadi biaya terbesar dalam pembuatan PT di notaris Tangerang. Biaya ini dapat bervariasi tergantung dari harga jasa notaris yang dipilih. Namun, rata-rata biaya pengurusan akta pendirian PT di notaris Tangerang adalah sekitar Rp 5 juta hingga Rp 7 juta.

  Syarat Pembuatan PT 2024: Panduan Lengkap untuk Memulai Bisnis Anda

Selain biaya pengurusan akta pendirian PT, biaya lainnya seperti materai dan legalisir dokumen biasanya berkisar antara Rp 500 ribu hingga Rp 1 juta. Sedangkan biaya pengesahan akta pendirian PT dan pendaftaran PT di Kementerian Hukum dan HAM masing-masing sekitar Rp 300 ribu hingga Rp 500 ribu.

Kesimpulan

Membuat PT di notaris Tangerang membutuhkan biaya yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Biaya pembuatan PT di notaris Tangerang terdiri dari biaya pengurusan akta pendirian PT, biaya materai dan legalisir dokumen, biaya pengesahan akta pendirian PT, dan biaya pendaftaran PT di Kementerian Hukum dan HAM. Rata-rata biaya pembuatan PT di notaris Tangerang adalah sekitar Rp 6 juta hingga Rp 9 juta.

Novita Elisabeth Wowor

My Name Novita Elisabeth Wowor, Lulusan Sarjana Hukum yang berkecimpung di dunia kenotariatan sejak 2019.