Biaya Pembuatan Akta Yayasan

Yayasan adalah sebuah badan hukum yang didirikan oleh satu orang atau beberapa orang untuk tujuan tertentu. Yayasan memiliki tujuan sosial, agama, kemanusiaan dan lain-lain. Sebelum memulai proses pembuatan yayasan, kamu perlu mengetahui berapa biaya yang diperlukan untuk membuat akta yayasan.

Proses Pembuatan Akta Yayasan

Proses pembuatan akta yayasan dilakukan melalui notaris. Notaris akan melakukan pembuatan akta notaris dan pendaftaran yayasan ke Kementerian Hukum dan HAM. Biaya yang diperlukan untuk pembuatan akta yayasan tergantung pada beberapa faktor seperti:

Lokasi Pembuatan Akta Yayasan

Biaya pembuatan akta yayasan dapat berbeda-beda tergantung dari lokasi tempat kamu membuat akta yayasan. Biasanya, biaya pembuatan akta yayasan akan lebih mahal di kota besar seperti Jakarta atau Surabaya. Namun, jika kamu membuat akta yayasan di kota kecil, biayanya mungkin akan lebih murah.

Notaris yang Dipilih

Biaya pembuatan akta yayasan juga tergantung pada notaris yang kamu pilih. Setiap notaris memiliki tarifnya masing-masing untuk membuat akta yayasan. Kamu harus memilih notaris yang terpercaya dan memiliki pengalaman dalam membuat akta yayasan. Namun, biaya yang dikeluarkan untuk notaris yang berpengalaman mungkin lebih mahal dibandingkan notaris yang belum terlalu berpengalaman.

Kebutuhan Pembuatan Akta Yayasan

Biaya pembuatan akta yayasan juga bergantung pada kebutuhan pembuatan akta yayasan. Jika yayasan memiliki dokumen yang lengkap dan siap untuk diajukan ke notaris, biaya yang dikeluarkan akan lebih murah. Namun, jika yayasan masih membutuhkan persiapan dokumen, biaya pembuatan akta yayasan akan lebih mahal.

  Syarat Perubahan Akta Yayasan 2023

Biaya Pembuatan Akta Yayasan

Biaya pembuatan akta yayasan biasanya terdiri dari biaya notaris dan biaya pengurusan administrasi di Kementerian Hukum dan HAM. Biaya notaris untuk membuat akta yayasan bervariasi tergantung pada notaris yang dipilih dan lokasi pembuatan akta yayasan. Sedangkan biaya pengurusan administrasi di Kementerian Hukum dan HAM sebesar Rp. 1.000.000.

Untuk biaya notaris, kamu bisa menanyakan langsung kepada notaris yang kamu pilih. Namun, untuk memberikan gambaran, biaya notaris untuk membuat akta yayasan di kota besar seperti Jakarta atau Surabaya berkisar antara Rp. 5.000.000 – Rp. 8.000.000. Sedangkan, untuk membuat akta yayasan di kota kecil, biayanya bisa lebih murah berkisar antara Rp. 4.000.000 – Rp. 6.000.000.

Kesimpulan

Biaya pembuatan akta yayasan sangat tergantung pada faktor-faktor yang telah disebutkan di atas. Lokasi pembuatan akta yayasan, notaris yang dipilih dan kebutuhan pembuatan akta yayasan mempengaruhi biaya pembuatan akta yayasan. Namun, kamu harus memahami bahwa biaya yang dikeluarkan untuk pembuatan akta yayasan merupakan investasi untuk tujuan yang nobel. Kamu akan memperoleh perlindungan hukum dan keleluasaan untuk menjalankan yayasanmu. Jadi, pastikan kamu menganggarkan dengan baik biaya pembuatan akta yayasan.

Novita Elisabeth Wowor

My Name Novita Elisabeth Wowor, Lulusan Sarjana Hukum yang berkecimpung di dunia kenotariatan sejak 2019.