Biaya Pembuatan Akta PT Jakarta

Biaya Pembuatan Akta Pt JakartaSource: bing.com

Pendahuluan

Sebagai pengusaha, mungkin Anda berencana untuk membuka perusahaan di Jakarta dengan bentuk PT. Namun, sebelum Anda melakukan itu, Anda perlu mengetahui biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat akta PT di Jakarta. Biaya ini termasuk biaya notaris, biaya administrasi, biaya konsultan hukum, dan biaya lain yang terkait. Artikel ini akan membahas secara komprehensif tentang biaya pembuatan akta PT di Jakarta.

Biaya Notaris

Biaya notaris adalah biaya dasar yang harus dikeluarkan untuk membuat akta PT di Jakarta. Biaya notaris ini berkisar antara Rp 3.000.000 hingga Rp 6.000.000 tergantung pada notaris yang Anda pilih dan besarnya modal dasar perusahaan. Besaran biaya notaris ini berbeda-beda di setiap daerah di Jakarta. Pastikan Anda mengetahui biaya notaris di daerah Anda sebelum menentukan notaris yang akan dipilih.

Biaya Administrasi

Selain biaya notaris, biaya administrasi juga harus dikeluarkan untuk membuat akta PT di Jakarta. Biaya administrasi ini meliputi biaya pengurusan KTP dan NPWP direktur, biaya pengurusan surat keterangan domisili perusahaan, dan biaya pengurusan akta perusahaan. Biaya administrasi ini berkisar antara Rp 2.000.000 hingga Rp 4.000.000 tergantung pada jenis perusahaan yang akan didirikan.

Biaya Konsultan Hukum

Selain biaya notaris dan biaya administrasi, Anda juga perlu membayar biaya konsultan hukum untuk membantu proses pembuatan akta PT di Jakarta. Biaya konsultan hukum ini bervariasi tergantung pada pengalaman konsultan hukum yang Anda pilih dan kesulitan dalam proses pembuatan akta PT. Biaya konsultan hukum ini berkisar antara Rp 5.000.000 hingga Rp 10.000.000.

  Jasa Bikin PT Murah di Bekasi, Solusi Cepat dan Efektif untuk Mendirikan PT Impian

Biaya Lain-lain

Selain biaya notaris, biaya administrasi, dan biaya konsultan hukum, ada juga biaya lain-lain yang terkait dengan pembuatan akta PT di Jakarta. Biaya lain-lain ini meliputi biaya penerjemah jika Anda menggunakan dokumen dalam bahasa asing, biaya verifikasi sertifikat kepemilikan tanah, dan biaya lainnya yang terkait. Biaya lain-lain ini berkisar antara Rp 1.000.000 hingga Rp 3.000.000.

Kesimpulan

Dalam membuat akta PT di Jakarta, Anda perlu mengeluarkan biaya notaris, biaya administrasi, biaya konsultan hukum, dan biaya lain-lain. Total biaya yang diperlukan untuk membuat akta PT di Jakarta berkisar antara Rp 11.000.000 hingga Rp 23.000.000 tergantung pada faktor-faktor yang telah disebutkan sebelumnya. Pastikan Anda mengetahui biaya-biaya ini sebelum memutuskan untuk membuat akta PT di Jakarta.

Novita Elisabeth Wowor

My Name Novita Elisabeth Wowor, Lulusan Sarjana Hukum yang berkecimpung di dunia kenotariatan sejak 2019.