Biaya Pembuatan Akta Perusahaan Tangerang

Apa itu Akta Perusahaan?

Akta Perusahaan adalah dokumen yang menyatakan pendirian sebuah perusahaan. Akta ini mengatur berbagai hal, seperti nama perusahaan, kegiatan usaha, modal, dan struktur perusahaan. Dokumen ini sangat penting karena digunakan sebagai dasar legalitas perusahaan yang akan diakui oleh pemerintah.

Kenapa dibutuhkan Akta Perusahaan?

Ada beberapa alasan mengapa sebuah perusahaan membutuhkan Akta Perusahaan. Pertama, Akta Perusahaan menjadi dasar legalitas perusahaan yang akan diakui oleh pemerintah. Kedua, Akta Perusahaan digunakan untuk mengurus izin usaha dan perpajakan. Ketiga, Akta Perusahaan dapat digunakan untuk menjalin kerjasama bisnis dengan pihak ketiga. Keempat, Akta Perusahaan dapat digunakan untuk menunjukkan struktur perusahaan dan pemilik saham.

Biaya Pembuatan Akta Perusahaan di Tangerang

Biaya pembuatan Akta Perusahaan di Tangerang dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor, seperti jenis perusahaan, jumlah pendiri, dan jasa notaris yang digunakan. Untuk membantu Anda memperkirakan biaya, berikut adalah perkiraan biaya pembuatan Akta Perusahaan di Tangerang:

Biaya untuk Pendirian PT

Untuk pendirian PT, biaya pembuatan Akta Perusahaan di Tangerang berkisar antara Rp 3.000.000 hingga Rp 5.000.000. Biaya tersebut sudah termasuk biaya notaris, pengesahan Akta Perusahaan oleh Kementerian Hukum dan HAM, biaya pengurus PT, dan biaya pengurusan NPWP dan SIUP.

  Syarat Membuat Akta Pendirian Perusahaan Jakarta

Biaya untuk Pendirian CV

Untuk pendirian CV, biaya pembuatan Akta Perusahaan di Tangerang berkisar antara Rp 1.500.000 hingga Rp 2.500.000. Biaya tersebut sudah termasuk biaya notaris, pengesahan Akta Perusahaan oleh Kementerian Hukum dan HAM, biaya pengurus CV, dan biaya pengurusan NPWP dan SIUP.

Biaya untuk Pendirian Firma

Untuk pendirian Firma, biaya pembuatan Akta Perusahaan di Tangerang berkisar antara Rp 500.000 hingga Rp 1.500.000. Biaya tersebut sudah termasuk biaya notaris, pengesahan Akta Perusahaan oleh Kementerian Hukum dan HAM, dan biaya pengurus Firma.

Bagaimana Cara Membuat Akta Perusahaan di Tangerang?

Untuk membuat Akta Perusahaan di Tangerang, Anda dapat mengikuti beberapa langkah berikut:

  1. Persiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan, seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), NPWP, dan SIUP.
  2. Cari jasa notaris yang terpercaya di Tangerang.
  3. Buat janji dengan notaris untuk membuat Akta Perusahaan.
  4. Hadiri rapat pendirian perusahaan dengan para pendiri dan notaris.
  5. Tandatangani Akta Perusahaan di hadapan notaris.
  6. Sahkan Akta Perusahaan di Kementerian Hukum dan HAM.
  7. Peroleh pengesahan Akta Perusahaan dari Kementerian Hukum dan HAM.
  8. Daftarkan perusahaan Anda ke Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI) dan Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan Non Bank (OJK).

Kesimpulan

Pembuatan Akta Perusahaan di Tangerang membutuhkan biaya yang bervariasi tergantung pada jenis perusahaan, jumlah pendiri, dan jasa notaris yang digunakan. Namun, biaya tersebut sebanding dengan manfaat yang akan didapat dari legalitas perusahaan yang diakui oleh pemerintah. Untuk membuat Akta Perusahaan, Anda dapat mengikuti beberapa langkah yang telah dijelaskan di atas dan menggunakan jasa notaris yang terpercaya.

  Contoh Akta Notaris PT Jakarta

Novita Elisabeth Wowor

My Name Novita Elisabeth Wowor, Lulusan Sarjana Hukum yang berkecimpung di dunia kenotariatan sejak 2019.