Biaya Pembuatan Akta Pendirian PT

Biaya Pembuatan Akta Pendirian PtSource: bing.com

Pendahuluan

Mendirikan sebuah perusahaan PT atau Perseroan Terbatas memerlukan proses yang panjang dan rumit. Salah satu tahapan penting dalam proses tersebut adalah pembuatan Akta Pendirian PT. Akta Pendirian PT merupakan dokumen resmi yang berisi peraturan dasar perusahaan dan identitas dari para pendiri perusahaan. Biaya pembuatan Akta Pendirian PT dapat bervariasi tergantung dari berbagai faktor, seperti jasa notaris, biaya legalitas, dan biaya administratif.

Faktor yang Mempengaruhi Biaya Pembuatan Akta Pendirian PT

Ada beberapa faktor yang memengaruhi biaya pembuatan Akta Pendirian PT, di antaranya:

  • Jasa Notaris
  • Notaris adalah pihak yang bertanggung jawab untuk membuat Akta Pendirian PT. Biaya jasa notaris bisa bervariasi tergantung dari wilayah yang bersangkutan dan kompleksitas dokumen yang dibuat. Namun, untuk wilayah Jakarta, biaya jasa notaris untuk pembuatan Akta Pendirian PT berkisar antara Rp 2 juta hingga Rp 10 juta.

  • Biaya Legalitas
  • Selain jasa notaris, terdapat juga biaya untuk mengurus legalitas perusahaan, seperti pengesahan Akta Pendirian PT oleh Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) dan pendaftaran pengurus perusahaan (direksi dan komisaris) ke Kemenkumham. Biaya legalitas tersebut bisa mencapai Rp 5 juta hingga Rp 10 juta.

  • Biaya Administratif
  • Biaya administratif meliputi biaya pengurusan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Tanda Daftar Perusahaan (TDP), dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Biaya administratif ini bervariasi tergantung dari wilayah yang bersangkutan dan jenis izin yang diperlukan. Namun, secara umum biaya administratif tersebut berkisar antara Rp 1 juta hingga Rp 5 juta.

Perhitungan Biaya Pembuatan Akta Pendirian PT

Dengan memperhitungkan faktor-faktor di atas, maka biaya pembuatan Akta Pendirian PT dapat dihitung sebagai berikut:

  1. Jasa Notaris
  2. Misalnya biaya jasa notaris yang diperlukan sebesar Rp 6 juta.

  3. Biaya Legalitas
  4. Misalnya biaya untuk pengesahan Akta Pendirian PT oleh Kemenkumham dan pendaftaran pengurus perusahaan sebesar Rp 8 juta.

  5. Biaya Administratif
  6. Misalnya biaya pengurusan SIUP, TDP, dan NPWP sebesar Rp 3 juta.

Maka total biaya pembuatan Akta Pendirian PT adalah sebesar Rp 17 juta.

Kesimpulan

Mendirikan sebuah perusahaan PT memang memerlukan biaya yang tidak sedikit, termasuk biaya pembuatan Akta Pendirian PT. Namun, biaya tersebut dapat berbeda-beda tergantung dari berbagai faktor yang mempengaruhi, seperti jasa notaris, biaya legalitas, dan biaya administratif. Dalam memilih notaris dan mengurus legalitas perusahaan, pastikan untuk memilih yang terpercaya dan memiliki pengalaman yang cukup. Dengan demikian, proses pembuatan Akta Pendirian PT dapat dilakukan dengan lancar dan biaya yang lebih terkendali.

  Akta Pendirian Firma
Novita Elisabeth Wowor

My Name Novita Elisabeth Wowor, Lulusan Sarjana Hukum yang berkecimpung di dunia kenotariatan sejak 2019.