Biaya Pembuatan Akta Pendirian CV

Memulai Usaha dengan CV atau Commanditaire Venootschap

Apakah Anda berencana memulai bisnis baru di Indonesia dan mempertimbangkan untuk mendirikan perusahaan dengan bentuk Commanditaire Venootschap atau CV? Salah satu hal penting yang perlu diketahui sebelum memulai bisnis adalah biaya pembuatan akta pendirian CV.

CV adalah bentuk perusahaan yang cukup umum dan populer di Indonesia, terutama di kalangan usaha kecil dan menengah. CV merupakan bentuk perusahaan yang terdiri dari dua jenis anggota, yaitu pengelola atau komplementaris dan pengusaha atau komanditer. Pengelola bertanggung jawab penuh atas hutang dan kewajiban perusahaan, sedangkan pengusaha hanya bertanggung jawab sesuai dengan jumlah investasi yang dilakukan.

Biaya Pembuatan Akta Pendirian CV

Biaya pembuatan akta pendirian CV dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor. Beberapa faktor yang mempengaruhi biaya pembuatan akta pendirian CV antara lain:

  • Lokasi pembuatan akta pendirian CV
  • Jumlah modal awal yang disetor
  • Jumlah anggota dalam CV
  • Jasa notaris

Lokasi pembuatan akta pendirian CV dapat mempengaruhi biaya pembuatan akta pendirian. Biaya pembuatan akta pendirian CV di Jakarta atau kota besar lainnya mungkin lebih mahal dibandingkan dengan pembuatan akta pendirian di kota kecil atau daerah terpencil.

Jumlah modal awal yang disetor juga mempengaruhi biaya pembuatan akta pendirian CV. Semakin besar modal awal yang disetor, semakin tinggi biaya pembuatan akta pendirian CV. Hal ini disebabkan karena biaya notaris yang dikenakan berkaitan dengan jumlah modal awal yang disetor.

  Contoh Akta Perubahan CV Jakarta

Jumlah anggota dalam CV juga mempengaruhi biaya pembuatan akta pendirian. Semakin banyak anggota dalam CV, semakin tinggi biaya pembuatan akta pendirian. Hal ini disebabkan karena membutuhkan lebih banyak waktu dan biaya notaris untuk memeriksa dokumen-dokumen yang terkait dengan setiap anggota dalam CV.

Terakhir, jasa notaris juga mempengaruhi biaya pembuatan akta pendirian CV. Biaya notaris akan berbeda-beda tergantung pada lokasi dan pengalaman notaris yang dipilih.

Detail Biaya Pembuatan Akta Pendirian CV

Berikut adalah rincian biaya yang biasanya terkait dengan pembuatan akta pendirian CV:

  1. Biaya pengesahan akta pendirian CV oleh notaris: sekitar Rp 2.000.000 – Rp 5.000.000
  2. Biaya pengurusan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP): sekitar Rp 200.000 – Rp 1.000.000
  3. Biaya pengurusan Tanda Daftar Perusahaan (TDP): sekitar Rp 200.000 – Rp 1.000.000
  4. Biaya pengurusan NPWP: sekitar Rp 100.000 – Rp 500.000
  5. Biaya pengurusan Izin Gangguan (HO): sekitar Rp 200.000 – Rp 1.000.000

Total biaya pembuatan akta pendirian CV dan pengurusan dokumen-dokumen tersebut berkisar antara Rp 2.700.000 – Rp 8.500.000. Namun, biaya tersebut dapat berbeda-beda tergantung pada lokasi dan kebijakan masing-masing notaris dan instansi yang terkait.

Conclusion

Memulai bisnis dengan bentuk CV dapat menjadi pilihan yang tepat, terutama untuk usaha kecil dan menengah. Namun, sebelum memulai bisnis, penting untuk mengetahui biaya pembuatan akta pendirian CV dan dokumen-dokumen yang terkait. Dengan mengetahui biaya dan persyaratan yang diperlukan, Anda dapat lebih siap dan terorganisir dalam memulai bisnis baru.

  Contoh Akta Pendirian CV Terbaru Bogor

Novita Elisabeth Wowor

My Name Novita Elisabeth Wowor, Lulusan Sarjana Hukum yang berkecimpung di dunia kenotariatan sejak 2019.