Biaya Pembuatan Akta Notaris Perusahaan

Apa itu Akta Notaris Perusahaan?

Sebagai perusahaan, Anda mungkin sudah tahu tentang akta notaris perusahaan. Namun, bagi Anda yang belum tahu, akta notaris perusahaan adalah dokumen yang dibuat oleh seorang notaris untuk mendirikan suatu perusahaan. Dokumen ini mencakup segala hal yang terkait dengan pendirian perusahaan, seperti rincian pemegang saham, direktur, dan kegiatan bisnis.

Apa yang Mempengaruhi Biaya Pembuatan Akta Notaris Perusahaan?

Setiap notaris memiliki tarif yang berbeda. Oleh karena itu, biaya untuk pembuatan akta notaris perusahaan dapat bervariasi dari satu notaris ke notaris lainnya. Namun, ada beberapa faktor lain yang mempengaruhi biaya pembuatan akta notaris perusahaan. Pertama, biaya dapat dipengaruhi oleh jumlah pemegang saham perusahaan. Jumlah pemegang saham yang lebih banyak akan memakan waktu lebih lama bagi notaris untuk memeriksa setiap dokumen dan membuat akta notaris. Kedua, biaya juga dapat dipengaruhi oleh kegiatan bisnis perusahaan itu sendiri. Semakin kompleks kegiatan bisnis, semakin rumit juga akta notaris yang harus dibuat oleh notaris.

Berapa Biaya Pembuatan Akta Notaris Perusahaan?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, biaya pembuatan akta notaris perusahaan bervariasi dari satu notaris ke notaris lainnya. Namun, secara umum, biaya pembuatan akta notaris berkisar antara Rp 2,5 juta hingga Rp 5 juta. Namun, biaya tersebut hanya mencakup biaya pembuatan akta notaris perusahaan saja. Ada biaya tambahan yang harus dikeluarkan untuk proses legalisasi dan pengurusan dokumen ke pengadilan.

  Pembuatan PT Murah Bekasi: Memulai Bisnis Tanpa Cukup Modal

Apa Saja Dokumen yang Dibutuhkan untuk Pembuatan Akta Notaris Perusahaan?

Untuk membuat akta notaris perusahaan, Anda harus menyiapkan dokumen-dokumen berikut: 1. Surat keterangan domisili perusahaan2. NPWP perusahaan3. Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) atau Tanda Daftar Perusahaan (TDP)4. Surat keterangan kepemilikan lahan atau bangunan tempat usaha5. Fotokopi identitas pemegang saham dan direktur perusahaan

Proses Pembuatan Akta Notaris Perusahaan

Proses pembuatan akta notaris perusahaan dimulai dengan melakukan janji temu dengan notaris. Selama pertemuan, notaris akan menanyakan informasi penting tentang perusahaan Anda, seperti nama perusahaan, kegiatan bisnis, jumlah pemegang saham, dan lain sebagainya. Setelah itu, notaris akan memeriksa dokumen yang Anda sediakan dan memastikan bahwa semuanya lengkap dan sesuai dengan aturan yang berlaku. Jika ada dokumen yang kurang, notaris akan memberitahu Anda untuk melengkapinya. Setelah semua dokumen lengkap, notaris akan membuat akta notaris perusahaan. Anda akan diminta untuk menandatanganinya bersama dengan pemegang saham dan direktur perusahaan.

Kesimpulan

Pembuatan akta notaris perusahaan memang memerlukan biaya yang tidak sedikit. Namun, akta notaris perusahaan sangat penting untuk memastikan bahwa perusahaan Anda didirikan dengan benar dan sesuai dengan hukum yang berlaku. Jangan pernah mencoba untuk menghemat biaya dengan membuat akta notaris sendiri. Sebaiknya, Anda mempercayakan pembuatan akta notaris perusahaan kepada notaris yang berpengalaman dan terpercaya.

Novita Elisabeth Wowor

My Name Novita Elisabeth Wowor, Lulusan Sarjana Hukum yang berkecimpung di dunia kenotariatan sejak 2019.