Biaya Membuat PT Atau CV: Berapa Sih Sebenarnya?

Mengenal PT dan CV

Pada dasarnya, PT atau Perseroan Terbatas dan CV atau Commanditaire Vennootschap adalah dua bentuk badan usaha yang umum dikenal di Indonesia. PT adalah bentuk badan usaha yang memiliki keunggulan dalam hal perlindungan hukum bagi pemegang saham. Sedangkan CV adalah bentuk badan usaha yang lebih cocok untuk bisnis skala kecil dan menengah.

Biaya Membuat PT

Membuat PT membutuhkan biaya yang cukup besar. Ada beberapa biaya yang harus dipertimbangkan ketika ingin membuat PT, di antaranya adalah biaya pengajuan akta pendirian, biaya pengesahan akta pendirian, biaya pengumuman pencatatan akta pendirian, biaya tanda daftar perusahaan, biaya perizinan, biaya pembuatan segel, biaya konsultan hukum, dan biaya notaris.Biaya pengajuan akta pendirian PT biasanya berkisar antara 4-6 juta rupiah. Sedangkan biaya pengesahan akta pendirian dapat mencapai 1 juta rupiah. Biaya pengumuman pencatatan akta pendirian sekitar 500 ribu rupiah, sedangkan biaya tanda daftar perusahaan sekitar 200 ribu rupiah.Biaya perizinan PT juga cukup besar, tergantung dari jenis usaha yang akan dijalankan. Biaya perizinan untuk usaha industri, misalnya, bisa mencapai puluhan juta rupiah. Biaya pembuatan segel PT sekitar 500 ribu rupiah. Biaya konsultan hukum dan notaris juga perlu dipertimbangkan, tergantung dari kompleksitas perusahaan yang akan didirikan.Secara keseluruhan, biaya membuat PT dapat mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah.

  Syarat Membuat PT di Notaris Depok

Biaya Membuat CV

Membuat CV lebih murah dibandingkan membuat PT. Biaya pembuatan akta pendirian CV sekitar 3-4 juta rupiah, sedangkan biaya pengesahan akta pendirian sekitar 1 juta rupiah. Biaya pengumuman pencatatan akta pendirian sekitar 500 ribu rupiah, sedangkan biaya tanda daftar perusahaan sekitar 200 ribu rupiah.Biaya perizinan CV relatif lebih rendah dibandingkan PT, karena CV lebih cocok untuk bisnis skala kecil dan menengah yang tidak memerlukan izin yang rumit. Biaya pembuatan segel CV sekitar 300 ribu rupiah. Biaya konsultan hukum dan notaris juga perlu dipertimbangkan, tergantung dari kompleksitas perusahaan yang akan didirikan.Secara keseluruhan, biaya membuat CV dapat mencapai puluhan juta rupiah.

Kesimpulan

Membuat PT atau CV membutuhkan biaya yang cukup besar, tergantung dari jenis usaha yang akan dijalankan dan kompleksitas perusahaan yang akan didirikan. Namun, biaya tersebut sebanding dengan perlindungan hukum yang diberikan bagi pemegang saham dan kemudahan dalam melakukan bisnis di Indonesia. Apapun jenis badan usaha yang akan dipilih, pastikan untuk melakukan kalkulasi biaya dengan matang agar tidak terjadi kekurangan dana di kemudian hari.

Novita Elisabeth Wowor

My Name Novita Elisabeth Wowor, Lulusan Sarjana Hukum yang berkecimpung di dunia kenotariatan sejak 2019.