Biaya Membuat PT Atau CV Tangerang

Pendahuluan

Apabila Anda ingin memulai bisnis, salah satu hal yang harus dilakukan adalah membuat perusahaan. Ada beberapa jenis perusahaan yang bisa didirikan, di antaranya adalah PT (Perseroan Terbatas) dan CV (Commanditaire Vennootschap). Kedua jenis perusahaan ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, sebelum memutuskan jenis perusahaan yang akan dibuat, Anda harus mengetahui berapa biaya membuat PT atau CV di Tangerang.

Biaya Membuat PT di Tangerang

PT adalah jenis perusahaan yang paling populer dan banyak dipilih oleh para pengusaha. PT memiliki kelebihan yaitu memiliki kepemilikan saham yang jelas dan mudah untuk dipindahkan. Namun, biaya untuk membuat PT relatif lebih mahal dibandingkan dengan membuat CV.Untuk membuat PT di Tangerang, Anda harus mengeluarkan biaya untuk notaris, pengurusan akta pendirian, dan pengurusan SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan). Biaya notaris untuk pengurusan akta pendirian PT sekitar Rp 5 juta hingga Rp 10 juta. Selain itu, biaya pengurusan SIUP sekitar Rp 1 juta hingga Rp 2 juta.Setelah itu, Anda juga harus membayar biaya pengesahan akta pendirian PT di Kemenkumham (Kementerian Hukum dan HAM) sekitar Rp 1 juta hingga Rp 2 juta. Biaya ini tergantung pada modal dasar perusahaan.Setelah semua biaya tersebut dibayarkan, Anda juga harus menyediakan dana untuk membuat perangkat administrasi seperti membuat surat-menyurat, mencetak kop surat, membuat stempel perusahaan, dan lain sebagainya. Biaya ini tergantung pada jenis dan ukuran bisnis yang akan dijalankan.

  Cara Mendirikan PT dan CV di Bogor: Panduan Lengkap

Biaya Membuat CV di Tangerang

CV adalah jenis perusahaan yang memiliki kelebihan yaitu biaya yang relatif lebih murah dibandingkan dengan membuat PT. CV juga memiliki kepemilikan saham yang fleksibel dan keuntungan yang didapat dibagi berdasarkan kesepakatan para pemegang saham.Untuk membuat CV di Tangerang, biaya notaris untuk pengurusan akta pendirian sekitar Rp 1 juta hingga Rp 5 juta. Selain itu, biaya pengurusan SIUP sekitar Rp 1 juta hingga Rp 2 juta.Namun, Anda juga harus menyediakan dana untuk membuat perangkat administrasi seperti mencetak kop surat, membuat stempel perusahaan, dan lain sebagainya. Biaya ini tergantung pada jenis dan ukuran bisnis yang akan dijalankan.

Kesimpulan

Pada dasarnya, biaya untuk membuat PT atau CV di Tangerang tergantung pada banyak faktor seperti lokasi, layanan notaris, dan lain sebagainya. Namun, secara umum, biaya untuk membuat PT lebih mahal dibandingkan dengan membuat CV. Oleh karena itu, sebelum memutuskan jenis perusahaan yang akan dibuat, Anda harus mempertimbangkan kembali tujuan bisnis dan kemampuan finansial yang dimiliki.

Novita Elisabeth Wowor

My Name Novita Elisabeth Wowor, Lulusan Sarjana Hukum yang berkecimpung di dunia kenotariatan sejak 2019.