Biaya Membuat Akta Perusahaan

Biaya Membuat Akta Perusahaan

Banyak orang yang ingin memulai sebuah usaha, tetapi tidak tahu bagaimana cara membuat akta perusahaan. Akta perusahaan adalah dokumen yang dibutuhkan untuk mendirikan perusahaan. Dokumen ini berisi informasi penting tentang perusahaan, seperti nama perusahaan, alamat, jenis usaha, dan lain sebagainya.

Untuk membuat akta perusahaan, Anda harus mempertimbangkan biaya yang harus dikeluarkan. Biaya ini bisa cukup besar, tergantung pada jenis perusahaan yang akan didirikan. Berikut ini adalah gambaran umum tentang biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat akta perusahaan.

Biaya Notaris

Langkah pertama dalam membuat akta perusahaan adalah mengunjungi notaris. Notaris akan membantu Anda membuat akta perusahaan dan mengurus prosesnya. Biaya yang harus dikeluarkan untuk notaris bervariasi tergantung pada wilayah Anda. Namun, umumnya biaya notaris berkisar antara Rp 1 juta hingga Rp 5 juta.

Biaya Pengurusan Persetujuan Nama Perusahaan

Sebelum membuat akta perusahaan, Anda harus memilih nama perusahaan yang unik dan belum digunakan oleh perusahaan lain. Untuk memastikan bahwa nama perusahaan Anda belum digunakan, Anda harus mengajukan permohonan persetujuan nama perusahaan ke Kementerian Hukum dan HAM. Biaya pengurusan persetujuan nama perusahaan adalah sekitar Rp 100 ribu hingga Rp 150 ribu.

  Contoh Akta Pendirian Kantor Hukum Bekasi

Biaya Pembuatan Akta Perusahaan

Setelah nama perusahaan Anda disetujui, Anda harus membuat akta perusahaan. Biaya pembuatan akta perusahaan bergantung pada jenis perusahaan yang akan didirikan. Biaya ini bisa mencapai jutaan rupiah. Berikut ini adalah perkiraan biaya pembuatan akta perusahaan untuk beberapa jenis perusahaan:

  • Perusahaan perseorangan: Rp 2 juta hingga Rp 4 juta
  • CV: Rp 5 juta hingga Rp 7 juta
  • PT: Rp 10 juta hingga Rp 15 juta

Biaya Pengurusan NPWP dan SIUP

Setelah akta perusahaan selesai dibuat, Anda harus mengurus Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP). Biaya pengurusan NPWP dan SIUP adalah sekitar Rp 500 ribu hingga Rp 1 juta.

Biaya Lainnya

Selain biaya di atas, Anda juga harus mempertimbangkan biaya lainnya seperti biaya pengurusan badan hukum, biaya membuka rekening bank, biaya sertifikasi ISO, dan lain sebagainya. Biaya ini bisa mencapai jutaan rupiah.

Dengan mempertimbangkan semua biaya di atas, Anda harus mempersiapkan anggaran sekitar Rp 10 juta hingga Rp 20 juta untuk membuat akta perusahaan. Namun, biaya ini bisa berbeda tergantung pada wilayah Anda dan jenis perusahaan yang akan didirikan.

Novita Elisabeth Wowor

My Name Novita Elisabeth Wowor, Lulusan Sarjana Hukum yang berkecimpung di dunia kenotariatan sejak 2019.