Biaya Akta Pembubaran CV Bogor

Biaya Akta Pembubaran CV Bogor

CV atau Commanditaire Vennootschap adalah jenis badan usaha di Indonesia yang terdiri dari dua atau lebih orang sebagai pemilik. Namun, terkadang dalam menjalankan usahanya, CV tersebut mengalami kegagalan sehingga harus dilakukan pembubaran. Untuk melakukan pembubaran CV, salah satu syaratnya adalah dengan membuat akta pembubaran. Nah, dalam artikel ini, kami akan membahas mengenai biaya untuk membuat akta pembubaran CV di Bogor.

Prosedur Pembuatan Akta Pembubaran CV di Bogor

Sebelum membahas mengenai biaya, ada baiknya jika Anda mengetahui terlebih dahulu prosedur untuk membuat akta pembubaran CV di Bogor. Berikut adalah prosedur pembuatan akta pembubaran CV di Bogor:

  1. Mengajukan permohonan pembubaran CV ke pengadilan negeri setempat.
  2. Mengumumkan permohonan pembubaran CV ke media massa selama tiga kali dalam jangka waktu satu minggu.
  3. Melaporkan hasil pengumuman ke pengadilan negeri.
  4. Melakukan rapat pemegang saham untuk menyetujui pembubaran CV.
  5. Membuat akta pembubaran CV di hadapan notaris.
  6. Mendaftarkan akta pembubaran CV ke Kementerian Hukum dan HAM.

Biaya Akta Pembubaran CV di Bogor

Setelah mengetahui prosedur pembuatan akta pembubaran CV di Bogor, sekarang saatnya untuk membahas mengenai biaya. Biaya untuk membuat akta pembubaran CV di Bogor umumnya terdiri dari:

  • Biaya pengajuan permohonan ke pengadilan negeri.
  • Biaya pengumuman permohonan di media massa.
  • Biaya pembuatan akta pembubaran di hadapan notaris.
  • Biaya pendaftaran akta pembubaran ke Kementerian Hukum dan HAM.
  Akta Pendirian PT Adalah Jakarta - Pentingnya Akta Pendirian PT dalam Pembentukan Perusahaan

Perhitungan Biaya Akta Pembubaran CV di Bogor

Perhitungan biaya akta pembubaran CV di Bogor dapat berbeda-beda tergantung dari berbagai faktor seperti pengadilan negeri yang menangani, media massa yang digunakan, serta biaya notaris dan pendaftaran. Berikut adalah estimasi biaya untuk membuat akta pembubaran CV di Bogor:

Biaya Pengajuan Permohonan ke Pengadilan Negeri

Biaya pengajuan permohonan ke pengadilan negeri dapat bervariasi tergantung dari pengadilan negeri yang menangani. Namun, secara rata-rata biaya pengajuan permohonan ke pengadilan negeri berkisar antara Rp 500.000 – Rp 1.000.000.

Biaya Pengumuman Permohonan di Media Massa

Biaya pengumuman permohonan di media massa juga bervariasi tergantung dari media massa yang digunakan. Secara rata-rata biaya pengumuman permohonan di media massa berkisar antara Rp 2.000.000 – Rp 3.000.000.

Biaya Pembuatan Akta Pembubaran di Hadapan Notaris

Biaya pembuatan akta pembubaran di hadapan notaris juga bervariasi tergantung dari notaris yang digunakan. Secara rata-rata biaya pembuatan akta pembubaran di hadapan notaris berkisar antara Rp 2.000.000 – Rp 3.000.000.

Biaya Pendaftaran Akta Pembubaran ke Kementerian Hukum dan HAM

Biaya pendaftaran akta pembubaran ke Kementerian Hukum dan HAM ditetapkan berdasarkan Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 6 Tahun 2018 tentang Tata Cara Pendaftaran Perseroan Terbatas dan Badan Usaha Lainnya. Biaya pendaftaran akta pembubaran CV di Bogor tergantung dari modal dasar CV dan tarif yang berlaku pada saat pendaftaran. Secara rata-rata biaya pendaftaran akta pembubaran CV di Bogor berkisar antara Rp 1.000.000 – Rp 5.000.000.

  Cara Membuat Akta Pendirian Perusahaan Bogor

Dengan demikian, total biaya untuk membuat akta pembubaran CV di Bogor berkisar antara Rp 5.500.000 – Rp 12.000.000. Namun, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, biaya tersebut dapat berbeda-beda tergantung dari berbagai faktor.

Jasa Pembuatan Akta Pembubaran CV di Bogor

Jika Anda tidak ingin repot dalam mengurus pembuatan akta pembubaran CV di Bogor, Anda dapat menggunakan jasa pembuatan akta pembubaran CV. Namun, pastikan Anda memilih jasa yang terpercaya dan memiliki pengalaman dalam hal pembuatan akta pembubaran CV. Biaya jasa pembuatan akta pembubaran CV di Bogor dapat bervariasi tergantung dari jasa yang digunakan. Secara rata-rata biaya jasa pembuatan akta pembubaran CV di Bogor berkisar antara Rp 5.000.000 – Rp 10.000.000.

Demikianlah informasi mengenai biaya akta pembubaran CV di Bogor. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai prosedur pembuatan akta pembubaran CV di Bogor atau ingin menggunakan jasa pembuatan akta pembubaran CV, silahkan menghubungi penyedia jasa terpercaya.

Novita Elisabeth Wowor

My Name Novita Elisabeth Wowor, Lulusan Sarjana Hukum yang berkecimpung di dunia kenotariatan sejak 2019.