Akta Notaris Pendirian CV

Pendahuluan

Sebagai seorang pengusaha, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah CV (Commanditaire Vennootschap). CV adalah sebuah bentuk usaha yang terdiri dari dua jenis anggota, yaitu sekutu aktif atau “commanditaire vennoot” dan sekutu pasif atau “commanditaire vennootschap”. Dalam hal ini, sekutu aktif bertanggung jawab atas pengelolaan bisnis, sedangkan sekutu pasif hanya menyediakan modal. Akta Notaris Pendirian CV adalah sebuah dokumen penting yang dibutuhkan untuk mendirikan CV. Pada artikel ini, kita akan membahas apa itu Akta Notaris Pendirian CV dan bagaimana cara membuatnya.

Apa itu Akta Notaris Pendirian CV?

Akta Notaris Pendirian CV atau biasa disebut juga akta pendirian adalah sebuah dokumen penting yang berisi informasi tentang identitas pendiri CV, informasi tentang susunan kepengurusan, jumlah modal, dan lain-lain. Akta ini dibuat oleh seorang notaris yang telah memiliki izin dari Kementerian Hukum dan HAM. Akta Notaris Pendirian CV ini menjadi landasan hukum bagi pendirian CV dan harus dibuat dalam bentuk autentik.

Bagaimana Cara Membuat Akta Notaris Pendirian CV?

Untuk membuat Akta Notaris Pendirian CV, Anda perlu mengikuti beberapa tahapan sebagai berikut:

1. Menyiapkan Persyaratan Administrasi

Sebelum membuat Akta Notaris Pendirian CV, Anda harus menyiapkan persyaratan administrasi seperti fotokopi KTP dan NPWP pendiri CV, surat kuasa, dan sebagainya.

2. Memilih Notaris

Setelah persyaratan administrasi selesai dipersiapkan, Anda harus memilih notaris yang akan membuat Akta Notaris Pendirian CV. Pastikan notaris yang Anda pilih telah memiliki izin dari Kementerian Hukum dan HAM.

  Contoh Akta PT Depok

3. Membuat Perjanjian Pendirian CV

Setelah memilih notaris, langkah berikutnya adalah membuat Perjanjian Pendirian CV. Perjanjian Pendirian CV berisi informasi tentang identitas pendiri CV, informasi tentang susunan kepengurusan, jumlah modal, dan lain-lain. Perjanjian Pendirian CV ini harus dibuat secara tertulis dan ditandatangani oleh seluruh pendiri CV.

4. Membuat Akta Notaris Pendirian CV

Setelah Perjanjian Pendirian CV selesai dibuat, notaris akan membuat Akta Notaris Pendirian CV. Akta ini dibuat berdasarkan Perjanjian Pendirian CV yang telah disepakati oleh seluruh pendiri CV. Akta ini harus dibuat dalam bentuk autentik dan ditandatangani oleh seluruh pendiri CV.

Apa yang Harus Ada di dalam Akta Notaris Pendirian CV?

Ada beberapa informasi yang harus ada di dalam Akta Notaris Pendirian CV, di antaranya adalah:

1. Identitas Pendiri CV

Identitas pendiri CV harus tercantum dengan jelas di dalam Akta Notaris Pendirian CV. Informasi yang harus ada di dalamnya adalah nama, tempat dan tanggal lahir, alamat, serta nomor identitas seperti KTP dan NPWP.

2. Susunan Kepengurusan

Susunan kepengurusan CV juga harus tercantum di dalam Akta Notaris Pendirian CV. Informasi yang harus ada di dalamnya adalah nama dan jabatan dari seluruh anggota kepengurusan.

3. Jumlah Modal

Jumlah modal yang disediakan oleh seluruh pendiri CV juga harus tercantum di dalam Akta Notaris Pendirian CV. Jumlah modal ini harus diisi dengan angka dan harus sesuai dengan jangka waktu yang telah disepakati.

  Akta Pendirian Perusahaan Dari Notaris Depok

Deskripsi Meta dan Kata Kunci Meta

Novita Elisabeth Wowor

My Name Novita Elisabeth Wowor, Lulusan Sarjana Hukum yang berkecimpung di dunia kenotariatan sejak 2019.